Friday 28 June 2013

Cara budidaya daun sop Seledri Paling Mudah dan Bermanfaat

Bismillah

Assalamualaikum Wr Wb, dalam kesempatan kita kali ini saya sebagai author dari blog http://tutorkap.blogspot.com/ ini akan memberikan beberapa informasi dan tutorial bagaimana cara mengelola berbagai bisnis mulai yang sederhana sampai benar-benar memiliki aset investasi besar.tak ternilai harganya untuk dimasa yang akan datang. Untuk itu anda bisa membaca beberapa trik usaha yang berjudul Cara budidaya daun sop Seledri Paling Mudah dan Bermanfaat ini secara lengkap eserta triknya dibawah ini :
Cara budidaya daun sop Seledri Paling Mudah dan Bermanfaat

  • Media tanam didalam Talang yang terdiri dari kompos + tanah subur + serbuk gergaji dengan perbandingan 1:1:1. Kompos dibuat dari mencampurkan cacahan eceng gondok atau hijauan lainnya dan pupuk kandang ayam yang dikomposkan 1 - 2 bulan. 
  • Benih daun sop disemai pada bak plastik persemaian pertama dengan ukuran 28x36x6 cm yang telah diiisi media persemaian pertama selama 20 hari. Benih seledri dapat didapat di kios pertanian, umumnya satu sachet 20 g berharga Rp. 25.000.- 
  • Bibit daun sop pada bak persemaian pertama setelah umur 20 hari tersebut dipindahkan pada persemaian kedua yang telah bersisi media semai kedua, bak kayu berukuran 40x80x5 cm dan dipelihara selama 30 hari. 
  • Bibit di persemaian kedua setelah berumur 30 hari tersebut kemudian dipindahkan ke dalam Talang  yang telah diisi media  dan dipelihara selama 20 – 30 hari. ukuran jarak tanam 15 cm  
  • Selama bibit daun sop di Talang maka dilakukan penyiraman jika hari tidak turun hujan, dan dilakukan pemupukan dengan pupuk cair 1 – 2 kali saja hingga siap dijual. Pupuk yang digunakan bisa berbagai merek, namun pada budidaya ini digunakan pupuk cair (jimmy hantu) NPK Jago Tani sesuai dosis anjuran dikemasan yang disomprot ke Tanaman seledri. 
  • Setelah sebulan di Talang, maka tanaman daun sop telah tumbuh sehat dan segar, siap dijual.

Jika anda memiliki berbagai pertanyaan tentang tema judul Cara budidaya daun sop Seledri Paling Mudah dan Bermanfaat hari ini, anda bisa menuangkan pendapat anda dengan mengisi kolom komentar yang terdapat dibawah ini. Terima kasih karena anda telah membaca tutorial blog sederhana ini.
Wassalamualaikum Wr Wb, 

1 comment: