Saturday 15 June 2013

Cara budidaya udang lobster air tawar di Aquarium/Rumah paling Praktis Dan Hemat

Bismillah

Assalamualaikum Wr Wb, dalam kesempatan kita kali ini saya sebagai author dari blog http://tutorkap.blogspot.com/ ini akan memberikan beberapa informasi dan tutorial bagaimana cara mengelola berbagai bisnis mulai yang sederhana sampai benar-benar memiliki aset investasi besar.tak ternilai harganya untuk dimasa yang akan datang. Untuk itu anda bisa membaca beberapa trik usaha yang berjudul Cara budidaya udang lobster air tawar di Aquarium/Rumah paling Praktis Dan Hemat ini secara lengkap eserta triknya dibawah ini :
Cara budidaya udang lobster air tawar
di Aquarium/Rumah paling Praktis Dan Hemat


SELEKSI INDUK

Awal dari seleksi induk ini, harus bisa membedakan jenis kelamin induk jantan dan betina, misalnya :
Untuk induk jantan terdapat tonjolan pada pasangan kaki jalan kelima dihitung dari capitnya dan biasanya sisi capit ditandai dengan warna merah.
Untuk induk betina terdapat bulatan pada pangkal kaki yang ketiga.

Selain itu yang perlu kita perhatikan dalam seleksi induk adalah :

  • Induk minimal berumur 7 bulan
  • Bobot induk jantan diatas 30 gram
  • Bobot induk betina 20 gram – 30 gram
  • Kondisi sehat

Selain seleksi induk, hal-hal penting lain dalam  budidaya lobster antara lain:

1. PEMBERIAN PAKAN

Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pagi cukup 30% dan sore 70%, hal ini karena lobster termasuk hewan nocturnal (aktif pada malam hari). Pakan yang diberikan berupa butiran pelet (yang dapat tenggelam dalam air) dan  makanan alami berupa kacang-kacangan, umbi-umbian dan sayuran lainnya yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu untuk memudahkan lobster mencernanya.

Jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan jumlah lobster yang ada. Usahakan tidak  menyisahkan makanan dalam aquarium secara berlebihan, karena akan mempengaruhi kualitas air dan kadar oksigen.

2. KETERSEDIAAN OKSIGEN

Oksigen yang terlarut dalam air merupakan faktor terpenting dalam memelihara semua jenis hewan air, termasuk lobster. Oksigen terlarut dapat diperoleh dari aerator, atau alat-alat aquarium lain yang banyak dijual di toko perlengkapan ikan.

3. KUALITAS AIR

Dalam berbudidaya lobster, kualitas air harus senantiasa terjaga. Hal ini untuk menjaga lobster dari berbagai penyakit dan menjaga nafsu makannya.

4. TEMPAT PERSEMBUNYIAN

Lobster merupakan hewan yang membutuhkan tempat untuk bersembunyi, terutama ketika siang hari dan proses molting (pergantian kulit/cangkang).

Tempat persembunyian bisa dibuat dari rooster atau paralaon/PVC dengan ukuran yang disesuaikan dengan tubuh lobster.

5. MOULTING

Proses moulting (pergantian kulit/cangkang) terjadi karena pertumbuhan badan lobster. Pada saat proses moulting lobster mengeluarkan aroma yang amis sehingga mengundang lobster lain untuk memangsanya. Oleh karena itu untuk meminimalisir terjadinya kanibal  perlu diperhatikan kepadatan populasi dan shelter (tempat persembunyian).

6. PEMIJAHAN

Dalam usia sekitar 7 bulan, lobster mulai mencari pasangannya untuk melakukan pemijahan. Oleh karena itu idealnya dalam satu tempat terdapat 3 lobster jantan dan 5 lobster betina.

7. PENGERAMAN

Setelah terjadi proses perkawinan, maka lobster akan meletakkan telur-telur di sirip renangnya dan menutup/melindunginya dengan ekornya. Biasanya proses pengeraman terjadi satu hingga satu setengah bulan.

Jika anda memiliki berbagai pertanyaan tentang tema judul Cara budidaya udang lobster air tawar di Aquarium/Rumah paling Praktis Dan Hemat  hari ini, anda bisa menuangkan pendapat anda dengan mengisi kolom komentar yang terdapat dibawah ini. Terima kasih karena anda telah membaca tutorial blog sederhana ini.
Wassalamualaikum Wr Wb, 

13 comments:

  1. numpang tanya min tolong dijawab,
    kalau misalnya kita sudah panen ini lobster jualnya kemana??

    ReplyDelete
  2. Jual aja ke toko bangunan mas.. disana berani bayar mahal

    ReplyDelete
  3. Saya pengepul lobster air tawar, membeli lobster air tawar semua ukuran call 081283873239 / wa. 081573621402, herdi purwakarta

    ReplyDelete
  4. Saya pengepul lobster air tawar, membeli lobster air tawar semua ukuran call 081283873239 / wa. 081573621402, herdi purwakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mualaikum
      Nama saya mansur nelan ingin usaha lobter air tawar mohon bisa di bantu Alamat:Kedung badak bogor Jl.baru

      Delete
  5. Assalammulaikum, saya ingin sekali belajar cara2 budidaya udang lobster air tawar di rumah menggunakan tanki fiber, tolong saya jika sudara2 ada menghataui tempat2 nya dan bagaimana meghubungi mereka. Terima kesih. Email saya, hmohdhkalong@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Asskum..saya mau tanya, untuk lobster yg sudah bertelur induknya, apa harus di pisahkan dgn lobster lain dan untuk anak lobster pakan nya apa ya?

    ReplyDelete
  7. Jika lobster mati, apakah ketika penggantian air tidak boleh dipakaikan garam ikan? Karena dicampur dengan jenis ikan lainnya dalam aquarium ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  8. Jika lobster mati, apakah ketika penggantian air tidak boleh dipakaikan garam ikan? Karena dicampur dengan jenis ikan lainnya dalam aquarium ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete

  9. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    ReplyDelete

  10. Pemainayam.club membahas segala yang berhubungan dengan Ayam yang cukup lengkap... Mulai dari Ayam Bangkok Aduan, Pakan Ayam Baru Menetas, dan masih banyak lainnya..

    Untuk anda yang hobi Tarung ayam, Jangan lewatkan Laga Sabung Ayam Online Terbesar di Dunia saat ini !

    Daftar Akun S128 << Klik saja Untuk Nonton Langsung Streaming Sabung Ayam Online

    APK S128 << Klik saja Untuk Download Aplikasi Streaming Sabung Ayam Online Khusus Smartphone

    Login S128 Terbaru << Klik saja Untuk mengunjungi Link/Situs Alternatif Streaming Sabung Ayam Online Terbaru

    ReplyDelete